MOTTO: Our strongest bond (Alumni ITB77) is friendship and togetherness. Bukan bisnis, sukses materi, kekuasaan atau pencitraan. ~ Amrie Noor
2009-03-07

Penggunaan Stimulus Fiskal Tahun 2009, Berdampak Signifikan?  

Kita belajar dari pengalaman Amerika dalam mengatasi krisis ekonominya (tahun 1933 - 1939) yaitu dengan memacu program di sektor publik melalui kebijakan fiskal, serta mengintensifkan pembangunan infrastruktur seperti jalan, listrik dll, yang ternyata hasilnya membuat kehidupan dan politik di AS menjadi lebih baik, kompetitif dan mampu keluar dari krisis.

Sebelum terjadi krisis ekonomi global, pembangunan infrastruktur di Indonesia membutuhkan dana yang cukup besar, sementara Pemerintah tidak mempunyai dana yang cukup. Oleh karenanya Pemerintah mendorong pihak swasta untuk melakukan kerja sama dengan pemerintah dalam pola PPP yang saling menguntungkan. Kenyataannya penerapan pola PPP dalam kondisi ekonomi normal saja sering terjadi financial mismatch di sisi pembiayaan, kenapa? Karena dana perbankan yang tersedia memiliki tenor maksimum 8 - 10 tahun sedangkan investasi infrastruktur berjangka panjang lebih dari 20 tahun.

Selanjutnya…

Related Posts by Contributors